Minggu, 27 Februari 2011

Nonton Bola, sekaligus belajar... :-)

Nonton Bola?? Waah pasti seru tuh.. antusiasmeku langsung memuncak kalau berurusan dengan bola..

Entah darimana aku terserang virus nonton bola.. yang semakin hari semakin parah, tapi tidak untuk sepakbola luar negeri.. aku lebih antusias dengan sepakbola produksi lokal..

Meskipun banyak penilaian negative yang mengiringi sepakbola Indonesia.. Tapi menurutku mereka mampu memberi sebuah arti dan banyak pelajaran baru yang ga kalah penting sama pelajaran matematik ataupun fisika. Yang ga bisa aku temukan ditempat manapun yang pernah aku kunjungi.

Mereka secara tidak langsung mampu memberi pelajaran untukku, yang mampu aku tangkap dan aku cerna.. 

~   Loyalitas Tanpa Batas
Sepakbola mengajarkanku bahwa loyalitas itu penting tak peduli dengan bahtera yang ada diluar atau dimanapun dan kemampuan yang dimiliki hanya untuk tim yang dibela ataupun tim favorit

Pelajaran yang paling berharga ini berasa banget ketika derby kaltim antara Persisam vs Bontang Fc.. ketika itu Laskar Katulistiwa (julukann Bontang FC) turun dalam keadaan yang kurang menguntungkan karena segelintir masalah gaji yang urung dibayar selama beberapa bulan.. Namun justru mereka bermain dengan penuh semangat, seperti tak ada masalah apapun dan tampil tanpa beban.. bahkan mereka mampu menjadi pemenang dihari itu..

Dan disetiap pertandingan persisam, Ribuan Pusamania ga pernah kenal lelah panas ataupun hujan mereka ga peduli demi tim kebanggaan mereka

*yang bisa aku cerna,
Aku harus mampu membanggakan hati orang yang memiliki sumbangsih besar untuk diri kita, dan menggoreskan senyum bangga dibibir mereka..Ga peduli apa yang terjadi.. Semua kemampuan harus kukerahkan untuk itu..
  
~   Sportivitas
Sepakbola mengajarkanku betapa pentingnya Sportivitas.. Sportivitas mampu menjadikan segalanya menjadi fair dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.. tanpa ada rusuh dan hal-hal yang merugikan.. meski jarang menemukan ini di sepakbola Indonesia.. cukup banyak hal-hal yang mengandung sportivitas yang pernah aku liat di lapangan…

Terutama Pemain Persisam, mereka menunjukkan perilaku mereka disetiap pertandingan, sekalipun harus kalah mereka tetap legowo (tapi jika itu wajar) tapi kalau pas nda wajar.. mereka tetap tunjukin kepada tim lawan kalau mereka bukan kampungan yang main serang membabi buta..  dan aku tetap bangga sama mereka meskipun harus kalah.. yang penting harus SPORTIF

*yang bisa aku cerna,

Kalau aku ngejalanin sesuatu harus sportif biar ga ada hal-hal yang ga aku inginkan.. dan culas itu ga bagus.. jadi kalau ulangan atau apa aku berusaha untuk ga nyontek, meskipun ada peluang buat nyontek.. dan aku lebih bangga nilaiku jelek tapi hasil karyaku sendiri daripada nilai bagus tapi bukan hasil karyaku
  
~  Kebersamaan dan Kerja Sama
Sepakbola mengajarkanku betapa pentingnya kebersamaan dan kerjasama.. aku senang banget ngeliat pemain persisam kalau lagi bersenda gurau disela-sela latihan atau pertandingan, dan itu mampu memberi pengaruh besar buat pertandingan

*yang bisa aku cerna,
Jangan suka kelahi.. karena kebersamaan itu indah

~        Menghargai orang lain
Sepakbola mengajarkanku, pentingnya menghargai orang lain.. ini aku cerna ketika seorang pemain top menghargai fans mereka meskipun dalam keadaan lelah..

*yang bisa aku cerna,
Hargai yang orang lain punya, karena pasti ada hal baru yang pantes jadi koleksi ilmu.. dan jangan pernah lupa dengan daratan
  
~   Disiplin
Sepakbola mengajarkanku pentingnya disiplin.. ini Nampak banget ketika turnemen Piala AFF 2010 lalu.. pelatih Alfred Riedl sangat-sangat menuntut pemainnya untuk berperilaku disiplin.. bahkan untuk sekedar urusan makan.. dan itu membuahkan hasil, Indonesia mampu berbicara banyak meskipun gagal menjadi juara..

*yang bisa aku cerna..
Jangan malas-malas untuk jadi pintar dan jadi lebih baik
  
~ Berbesar Hati
Sepakbola mengajarkanku untuk menjadi seseorang yang besar hati.. terlebih ketika tim favorit kita harus kalah..

*yang mampu aku cerna,
Aku ga boleh anarkis kalau persisam kalah.. kecewa pasti kecewa, tapi itulah kenyataan yang harus diterima, jangan sampai ada botol dari tanganku melayang dilapangan.. dan aku ga boleh down kalo aku gagal.. justru lebih semangat dan semangat untuk lebih baik..

Sebenarnya banyaaaak banget pelajaran berharga yang aku dapet.. tapi mungkin Cuma itu yang bisa aku ceritakan dikesempatan kali ini..

OLEH SEBAB ITU,

I LOVE INDONESIAN FOOTBALL, BUT I NEED A REVOLUTION TO BE GREATHER GOOD THEN..

AND I LOVE PERSISAM..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar